Why Gita Reads

Kamis, Juni 08, 2017


Saya percaya, selalu ada alasan dari semua hal yang kita lakukan di dunia ini. Termasuk ketika kita menyukai sesuatu. Kali ini, saya mau cerita alasan kenapa saya suka membaca. Kalau berbicara tentang hobi yang satu ini, saya pasti selalu inget ibu saya. Beliau yang pertama kali mengenalkan saya dengan buku-buku. Bukan karena dia punya banyak buku di rumah lalu menghibahkannya untuk saya -- tapi justru karena dia tak punya maka berusaha keras agar saya memilikinya.

Saya ingat, sepulang mengajar, dia selalu membawakan saya bahan bacaan. Mulai dari buku dongeng dan cerita rakyat, komik,  hingga majalah anak-anak. Saya jarang dibelikan mainan, makanya sampai sekarang saya nggak paham kalau ada temen yang ngomongin nama-nama toys yang mereka punya saat kecil. Bahkan, ketika berhasil mendapat peringkat bagus di sekolah, saya juga dihadiahinnya buku bukan mainan wkwk.

Setiap hari libur, ibu saya selalu mengajak ke Gramedia Matraman dan membiarkan saya "bermain" di sana. Menyusuri rak demi rak hingga menemukan buku yang saya suka. Kadang boleh dibeli, kadang disuruh nabung dulu (yang akhirnya menyebabkan drama karena suka ngambek kalo nggak dibeliin haha). Tapi saya selalu menikmati rekreasi akhir pekan ke Gramedia Matraman bersama ibu saya. Lalu, makan bakso Eric setelahnya.

Sampai sekarang pun, Gramedia Matraman selalu punya tempat di hati saya. Kalau mau liat buku, pasti maunya di sana (padahal di tempat lain juga bisa). Saya rela mampir ke sana sepulang kerja, memilih buku sambil mengenang masa lalu. Rasanya seperti bisa ngeliat Gita kecil yang sok tahu dan sok serius milih-milih buku.

Atau Gita remaja yang senyam-senyum sendiri waktu baca sinopsis novel teenlit wkwk centil.

Kalau nggak ke Gramedia Matraman, biasanya ibu saya suka ajak ke Pasar Senen buat cari buku bekas. Favorit saya yang deket terminal. Inget banget dulu beli 100ribu aja udah dapet buku banyak banget! Itu ada faktor jago nawar yang ibu saya punya sih haha.

Oh iya, sering juga ke Pasar Jatinegara. Kalau di sini, saya seringnya beli komik Doraemon. Hampir semua komik Doraemon yang saya punya, belinya di Jatinegara. Waktu itu punya langganan, jadi abangnya selalu cariin komik Doraemon buat saya hehe senangnya.

Jadi ya....sejak kecil itu saya senang kalau liat buku karena ibu saya. Beliau adalah alasan saya rela menghabiskan waktu di toko buku atau perpustakaan selama berjam-jam. Juga rela menghabiskan uang untuk beli buku. Karena beliau....saya ingin punya perpustakaan sendiri di rumah  dan mengumpulkan buku sebanyak-banyaknya  lalu mewariskannya untuk anak-anak saya kelak.


Berkat ibu saya juga nih, saya selalu tertarik sama pria yang suka baca HAHA. Kaya gabisa ditolak gitu pesonanya ya gak siiiiih semacam ada nilai tambah kalo nyambung diajak ngomongin buku hahaha (yang bookworm pasti paham rasanya).

Deuh, btw, kangen banget sama ibu saya!

((Tenang Mah, akan kubawakan menantu yang suka membaca nanti. Mama pasti bangga wkwkwk))

You Might Also Like

0 comments