Di Tempat yang Pernah Dikunjungi, Untuk Teman Seperjalanan

Minggu, Januari 25, 2015

Some people love to travel solo. Sendirian. Beberapa dari mereka merasa travelling sendirian lebih menyenangkan. Tidak perlu menyamakan keinginan, tidak perlu menyesuaikan diri dengan orang lain, tidak peru menghadapi drama-drama tidak penting di perjalanan.

Saya justru sebaliknya. Saya paling nggak mau travelling sendirian. Di Jakarta, saya sering jalan-jalan sendiri kalau lagi iseng. Ke mal, ke kafe, ke museum. Tapi, kalo pergi ke tempat jauh? Paling ogah sendirian. Takut mati gaya, takut kesepian, takut bosan di jalan, atau katakanlah saya pengecut. Saya adalah tipe orang yang lebih memilih untuk membatalkan rencana travelling apabila saya tidak memiliki teman jalan.

Selama beberapa tahun, saya travelling dengan gaya seperti ini. Bisa dibilang hal ini bermula dari saya SMA. Saya memiliki peer group yang suka banget jalan-jalan. Waktu itu, karena masih cimik-cimik, kami hanya jalan-jalan ke tempat wisata di sekitar Jakarta saja. Ya heboh ke Dufan, ke Kota Tua, Anyer, ya gitu-gitu aja pokoknya. Semasa kuliah, kami masih suka jalan-jalan. Tapi, personilnya semakin lama semakin berkurang. Terutama karena kami beda universitas yang tentunya berbeda pula jadwal liburannya. Dari biasanya jalan se-geng yang bersepuluh orang itu, lama-lama jadi tinggal berempat. Hanya saya, Dea, Meli dan Vidi yang sering travelling bareng. Mungkin karena memang hanya kami yang kuliahnya nggak jauh. Sama-sama di Depok.

Setiap liburan semester, kami pasti menyempatkan untuk travelling bareng. Yang seru tidak hanya saat jalan-jalannya saja. Tetapi, proses ketika merencanakan perjalanan itu sendiri juga sangat menyenangkan. Bagaimana kami meluangkan waktu bertemu di tengah kesibukan kuliah hanya untuk 'rapat'. Membagi tugas; siapa yang jadi divisi penginapan (maksudnya mencari informasi soal penginapan), divisi jalan-jalan (cari info tempat mana saja yang ingin dikunjungi), divisi transportasi (mencari informasi rute menuju tempat wisata dan naik apa saja), dan ada juga yang mengatur budget (pastinya ini bukan saya karena saya paling males yang namanya ngurusin uang).

Memilih teman perjalanan itu sama pentingnya dengan memilih tempat mana yang ingin dikunjungi. Dan mempunyai teman perjalanan yang asik, bisa meningkatkan kesenangan saat travelling berkali-kali lipat. Beberapa kali saya pernah travelling dengan teman lain berdasarkan 'kesamaan tujuan' saja. Bukan karena saya ingin pergi bersama mereka. Alhasil, kadang saya merasa sendiri di tengah keramaian itu. Bersama Dea, Meli, dan Vidi, saya bisa ketawa-tawa ngakak pas lagi di bis atau di kereta. Perjalanan berjam-jam yang bikin pantat pegel jadi tidak begitu melelahkan. Berkeliling di kota orang yang baru pertama kali dikunjungi jadi tidak seasing itu.

Ada satu hal yang sangat membedakan dari travelling saya sama mereka, dengan travelling saya bersama teman yang lain: yaitu keberuntungan. Entah mengapa saya merasa selalu mendapat kemudahan saat di perjalanan. Dapet penginapan murah, dapet guide yang baik dan super asik, nggak nyasar naik angkutan umum, dan sebagainya. Yang paling kerasa sih, tentunya soal masalah uang hahaha. Maklum, budget perjalanan kami sangat terbatas. Oleh karena itu, suatu keberuntungan yang amat besar ketika bisa dapet yang murah-murah selama travelling. I hope this luck still linger on us for the next travelling.

 photo DSC_8501 - Copy_zpsinxfbaku.jpg 
Dieng, Juli 2013

Dan sekarang, karena sebentar lagi akan memiliki penghasilan sendiri, kami memutuskan untuk membuat Arisan Travelling. Hmmm kurang tepat juga sih kalo dibilang arisan. "Nabung Travelling", mungkin lebih tepat. Kami berencana untuk membuat satu rekening bank bersama yang nantinya akan diisi oleh tabungan kami. Setiap bulannya, kami harus nyetor ke rekening itu sesuai dengan nominal yang ditentukan. Kalau hasilnya sudah mencukupi, akan dipakai untuk travelling bareng lagi. Kami belum menentukan akan ke mana untuk travelling selanjutnya. But I'm sure wherever we will go, as long as with them, it's gonna be fun :)

You Might Also Like

0 comments