2013 & 2014

Jumat, Januari 03, 2014

Biasa sekali ya judul tulisan di atas, hehe. Pasti bisa ketebak apa yang mau saya tulis disini. Ya, saya akan menulis tentang hal-hal yang terjadi di 2013, serta harapan saya di tahun 2014 ini. Dari tahun ke tahun, menulis rekap akhir tahun serta resolusi tahun berikutnyalah yang masih rutin saya lakukan. Selebihnya? tidak. Ada beberapa hal yang berubah. Termasuk diri saya, termasuk mereka, termasuk kegiatan-kegiatan saya setiap harinya. Change is good, hidup jadi tidak terlalu monoton. Pasti menarik menemukan pengalaman baru setiap harinya. Tetapi, ada saat-saat dimana saya terkadang tidak ingin berubah. Ingin tetap berpijak di tempat dan waktu yang sama.

Satu perubahan yang tidak bisa dipungkiri di tahun 2013 adalah bertambahnya umur. Pergantian umur ini selalu rutin setiap tahunnya bagi semua orang. Tidak ada yang bisa menghindari. Tahun 2013, umur saya berganti dari kepala 1 menjadi kepala 2. Dua puluh tahun. Banyak orang bilang, 20 artinya sudah dewasa. Seringkali, umur ini dibawa-bawa ketika saya melakukan hal bodoh. "Kamu tuh udah 20 tahun. Masa masih kaya gini?", "Masa mau begitu terus?". Oh, how I hate growing up. Pada satu sisi, saya merasa belum cocok untuk menjadi perempuan berusia 20 tahun. Saya masih sering kekanan-kanakkan. Apa yang saya lakukan di umur 19 dan 20 rasanya tidak ada bedanya. Tetapi, orang memaksa berubah untuk menjadi seseorang yang lebih dewasa karena tuntutan umur. Di sisi lain, saya rasakan "perubahan" akibat tuntutan umur tersebut. Saya mulai berpikir seperti perempuan dewasa. Mau sukses, mau mengejar cita-cita, lebih mengenal passion yang saya punya. Saya mulai memikirkan keinginan untuk menikah, mau hidup bersama dengan orang yang saya sayang, mau punya anak, dan seterusnya.

Hal lain yang berubah adalah pola kuliah saya. Seperti yang udah dibilang sebelumnya, dulu saya anaknya kupu-kupu banget. Tapi di 2013 kemarin malah banyak ikut kegiatan. Semuanya berawal di RUMBA FISIP UI, sih. Sejak bergabung di Rumba, saya tau passion saya ada dimana. Saya suka anak-anak dan suka kegiatan sosial. Melalui Rumba juga saya kenal banyak temen, yang kebetulan interestnya sama. Lalu saya diajak untuk ikut GUIM 3, yang ternyata membuat tahun 2013 saya sangat berwarna. Tambah kenal temen, tambah banyak pengalaman, semakin banyak kegiatan yang saya lakukan. Gita jadi nggak mager lagi haha. Saya juga bergabung dengan kontingen Film FISIP. Mencoba hal baru yang belum pernah saya lakukan. Pertama kali ngeliat dan ikut dalam proses syuting. Mulai dari sibuk mikirin ide cerita sampai ribet ngurusin tempat untuk syuting. Alhamdulillah, film kita menang juara 1 di UI ART WAR 2013! Kita juga borong penghargaan kaya Best Director, Best Scripwriter, Best Actor, sama Best Sinematography! Rasanya seneng banget kerja keras yang kita lakukan pada akhirnya berbuah hasil.

Yang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, saya banyak jalan-jalan. Hal ini emang sesuai sama resolusi saya di tahun 2013 yakni: travel more. Banyak tempat saya kunjungin, awal Januari saya ke Malang dan Bromo, trus ke Jogja, Dieng, sampai ke Indramayu untuk survey GUIM 3. Dan masing-masing tempat itu memberikan hal yang sangat menarik untuk saya. Sayangnya, tidak bisa semua saya tulis disini karena kesibukan yang cukup padat huhu. Ini juga yang membuat rutinitas saya berubah, banyak ikut kegiatan, artinya me-time saya juga berkurang. Alhasil, jarang nulis dan baca. Tapi....untuk nulis saya cukup produktif walaupun bukan nulis di blog. Saya kebanyakan nulis untuk tugas kuliah dan juga......nulis surat cinta untuk pacar saya wkwkwkwk. Tahun 2013 saya cukup banyak beli buku tapi sayangnya waktu untuk bacanya yang nggak ada. Jadilah buku-buku tersebut masih numpuk di rak buku saya dan belum tersentuh huhu.

Saya tidak menyesal dengan perubahan-perubahan yang ada. Kalau pepatah, kalau perubahan itu baik bisa menjadi pengalaman, namun seandainya buruk pun tetap bisa jadi pelajaran. Dan saya mendapat banyak pengalaman serta belajar banyak dari perubahan-perubahan tersebut.

 Meskipun banyak hal berubah, saya beruntung karena apa yang saya inginkan ada yang tetap sama dan tidak berubah. Tahun 2013, keluarga saya masih lengkap. Bahkan nambah. Saya punya keponakan baru yaitu Hananta Adera Wibowo. Ah senangnya memilki dua keponakan yang lucu-lucu. Yang tingkahnya bikin saya ketawa terus haha I'm a happy auntie! Tahun 2011, saya kehilangan ibu saya. Tahun 2012 juga sempat ada waktu dimana saya kehilangan orang yang saya sayang. Makanya, ketika tahun 2013 saya masih memiliki semuanya secara lengkap, it means a lot to me. Akan menjadi hal paling pertama yang saya syukuri. Alhamdulillahirabbilamin. Saya tidak mau kehilangan siapa-siapa lagi. 

Untuk kamu, terimakasih masih menemani saya sampai sekarang. Terimakasih buat semua kesabaran dan nasihatnya untuk saya di tahun kemarin sehingga saya bisa jadi lebih baik. Saya pernah bilang kalau kamu adalah paket lengkap untuk saya. Kamu adalah sahabat, kakak dan bisa jadi pacar saya sekaligus. Terus bersama saya, ya. Semoga kita bisa lebih baik ya. Bisa langgeng dan bisa mencapai mimpi-mimpi kita. Cepet ke Jakarta! Doa saya tahun lalu adalah semoga saya masih bisa nulis tentang kamu disini. Dan ternyata, saya masih bisa menulis tentang kamu sekarang. Tunggu tulisan-tulisan saya yang lainnya huehehe.

Untuk 2014, saya berharap untuk tetap memiliki apa yang saya punya sekarang. Terutama orang-orang yang sayang. I can't imagine my life without them. Di 2014 sepertinya saya akan mengurangi kegiatan dan jalan-jalan karena saya harus memprioritaskan akademis saya. Tapi masih ada satu kepanitiaan yang saya pegang yaitu Journalight. Semoga acara ini sukses ya Allah. Tahun 2014 saya targetkan menjadi tahun terakhir saya sebagai mahasiswa. Liburan akan saya isi dengan magang, dan tentunya skripsi/TKA. Saya ingin cepet-cepet lulus hehe. Biar dapet tiket perizinan untuk segera nikah wkwkwk becanda deeeeeng. Saya ga sabar untuk segera terjun ke dunia kerja. Ingin mengejar mimpi-mimpi saya yaitu meliput banyak berita dan menemukan pengalaman menarik setiap harinya. Doakan saya bisa lulus tahun depaaaaan!!! Amin ya Allah. Dan untuk membayar kekurangan baca buku tahun lalu, saya ikutan 2014 Reading Challenge hehe. Target saya bisa baca 30 buku selama tahun 2014. Semoga bisa tercapai!

Semoga semuanya selalu dilancarkan dan semoga kebahagiaan selalu ada untuk saya.
Amin.

You Might Also Like

0 comments