One Day in Bandung!

Rabu, Januari 18, 2012

Tanggal 12 Januari kemarin, gue sama temen - temen berangkat liburan. Pertama - tama kita bakal ke Bandung dulu trus abis itu baru ke Ciwidey keesokan harinya. Sayangnya, seperti biasa, kalo jalan - jalan jauh gini yang bisa ikut cuma beberapa. Dari Jakarta ada gue, Nisa, Meli sama Dea. Sedangkan Kiki sama Tania akan menjadi tuan rumah dan jadi tour guide karena mereka telah menjalani kehidupan di Bandung selama 6 bulan haha. Tania di Hukum UNPAD, kalo Kiki di Manajemen UNPAD.

Berangkat dari Jakarta jam 8 naik bus Primajasa, naik dari Kranji hanya dengan 37.000 saja dan lumayan pewe bisnya. Di perjalanan, gajelas banget sama Nisa ketawa - tawa kaya orang gila. Udah mana kelaperan ceritanya, jadi beringas makan Happytos di bis haha pokoknya heboh bener ini kita. Untung bisnya sepi. Sampe Bandung sekitar jam 11an, dijemput sama Kiki sama Tania di depan UNPAD DU. Huaaa kangen! Udah lama banget nggak ketemu! Langsung naek angkot jurusan Cicaheum - Ciroyom (suka banget kalo ngomong angkot jurusan ini hahaha enak banget disebutin di mulut xixi) buat kekosan Kiki karena nanti kita bakal nginep disana.

Sampe kosan Kiki..........wah surga. Tempat kosannya ini emang punya uwa-nya Kiki. Tapi dia ga gabung sama kosan yang lain melainkan kaya rumah kecil gitu lengkap dengan tv haha trus sama kamarnya ada dua, satu buat sepupunya. Untungnya sepupunya lagi pulang ke Karawang, jadilah itu kita semua satu rumah. Nikmat abis. Sampe sana langsung istirahat bentar, tidur - tiduran di ubin yang dingin banget, adem! (norak dari Jakarta biase kepanasan). Trus abis itu siap - siap buat jalan - jalan keliling Bandung!

Karena itu udah makan siang, dan kita kelaperan berat. Akhirnya cari makan dulu. Kita minta sama Tania dan Kiki sebagai pemandu untuk mencarikan tempat makan dan murah di sekitar situ. Akhirnya sama Tania dia ajak ke rumah makan namanya "Makan Di Warung". Hahaha unik abis ya namanya. Ini kalo anak UNPAD DU pasti tau, soalnya tempatnya emang nggak begitu jauh dari UNPAD. Makanannya lumayan enak. Ala - ala Solaria gitu sih, persis menunya. Tapi enakan disini malah hahaha. Kisaran harga makanannya 10 - 14 ribu. Yang disayangkan hanyalah jumlah porsi nasinya yang dikit banget hahaha tapi selebihnya gooood lah :)

Abis makan kita berencana jalan - jalan ke Jl. Braga. Sayangnya Kiki gabisa ikut karena masih ada UAS jam 3. Jahat ga kita? Kiki masih UAS tapi udah disamperin bahkan udah dimintain jadi guide di Bandung hahaha maaf ya Ki mengganggu belajarmu. Ke jalan Braga naik angkot apa gitu lupa namanya hahaha. Sumpah ya pokoknya selama di Bandung, kita muter - muter naek angkot. Sampe bulak - balik ngelewatin Dago mulu ampe puyeng ampe apal jalannya hahahaha pokoknya #fuckyeahangkoters.

Dianterin sama abang angkot sampe perempatan deket jalan Braga aja, selebihnya kita jalan sendiri muterin jalan Braga. Kenapa kita milih ke Jalan Braga? Ada apa sih di Jalan Braga? Padahal kan cuma jalanan doang gitu. Eits, jalan Braga ini unik haha. Di sisi jalannya, banyak bangunan - banguna tua, bagus. Di sepanjang jalan itu kita juga bisa liat banyak para pelukis yang menjajakan dagangannya. Jadi, sambil jalan - jalan sekalian bisa liat karya hasil para pelukis dan berasa lagi ngelilingin pameran. Bangunan - bangunan di jalan Braga ini old gitu, kuno. Mirip - mirip sama kota tua sih. Banyak juga toko - toko yang jual kebudayaan Indonesia macem wayang, trus ada juga yang jual buku - buku lama dan kuno di jalan ini. Ada juga kafe - kafe gitu. Gue pernah ke jalan Braga ini tengah malem waktu itu, sepi. Enak deh. Nah pas kemaren jalan kesini siang - siang......banyak mobil, berisik. Foto - foto juga jadi kurang asoy karena ada mobil kefoto, yaaaaah kaga berasa lagi di kota tua dong kalo ada gambar foto - foto mobil mewahnya haha. Coba jalan ini dikosongin aja gitu, kan seru kalo jalan - jalan kesitu sambil lihat kanan - kiri bangunan tua, pasti lagi berasa jalan di kota mati hahaha.

Perjalanan dilanjutkan ke Museum Konferensi Asia Afrika. Kita kesana jalan kaki, karena emang deket banget. Sebelumnya, berbekal tanya sana sini dulu sih haha eh ternyata tinggal lurus aja dari jalan Braga tadi. Ah, udah lama banget nggak ke museum :" Pas dateng udah khawatir aja takut udah tutup karena itu udah jam 4an lewat. Eh ternyata masih buka. Gratis lho museum ini. Nah kalo ada waktu sempetin kesini, deh. Interiornya masih bagus dan rapi. Museum ini emang bener - bener tempat yang dipake waktu KAA pertama kali tahun 1955. Waktu dateng kita disambut ramah banget sama penjaga museumnya, duh tapi lupa namanya Bapak siapa. Bapak ini pengetahuannya luas banget. Dia bener - bener kasihtau kita sejarah gedung ini dan sejarah - sejarah lainnya. Bapaknya cerita kalo gedung yang biasa disebut Gedung Merdeka ini belum pernah diubah. Semuanya masih sama, kecuali emang ada beberapa perbaikan aja. Kita diceritain tentang Bung Karno juga. Bapak ini kayaknya mengagumi Bung Karno banget lho. Dan satu lagi plusnya bapak ini adalah, dia bersedia mau fotoin kita tanpa diminta! Dialangsung nawarin dan bahkan ngarahin mana aja spot - spot yang bagus. Yang kaya gini nih salah satu contoh hal kecil yang bisa nyenengin turis hahaha. Inget salah satu pesan Bung Karno: JAS MERAH. Jangan sekali - kali melupakan sejarah. Kalo ke Bandung jangan belanja ke FO-nya dan ke mall - mallnya aja ya hehe!

Hari udah sore menjelang malem. Kita minta Tania ngajak tempat makan yang enak. Dan Tania punya usul di Dago Pakar. Atau.........Bukit Bintang! Waaaa mau banget. Kita semua langsung semangat hihihiw. Tau ga kita kesana naik apa? Karena kan kalo kesana nggak ada angkot ya buat naiknya, jadi kita nyarter deh itu satu angkotnya HAHAHAHAHA bener - bener angkoters forever. Sampe sana belum begitu gelap, masih maghrib. Jadi 'bintang'nya belom keliatan. Begitu udah mulai malem.......beeehhhh. Gue sama Nisa udah senyam - senyum penuh arti aja HAHAHAHAHAHA. Speechless dah gua. Salah banget emang dateng kesini. Udah mana tamu yang lain tuh selaluuuu berpasang - pasangan. Tambah ngakak gue. Ini Tania yang punya ide kesini dan tau tempatnya karena dia waktu itu ditembak disini. Aiiiih sweetnya yaaaa :3 Kita makan di resto Igelanca namanya. Tempatnya pewe abis kok, enak juga buat sweet - sweetan sama pacar. Apalagi kita milihnya di lantai 2, spot yang enak sambil ngeliat 'bintang'. Gue pesen Hot Chocolate, ih kurang apalagi coba...........Udah liat pemandangan begitu, minumnya Hot Chocolate pas dingin2......Kalo untuk makanan, nasi goreng Igelanca enak deh! Nasi goreng dengan bumbu khas restoran ini. Beda sama nasi goreng lainnya. Ntar kalo kesini lagi, pokoknya gue maunya sama si doi gamau sama cewek - cewek ini lagi hahahahaha tempat oke, yang salah partnernya aja huhuhu.

Pulangnya kita dijemput abang angkot lagi eaaa HAHAHA. Abis itu balik kekosan Kiki sekitar jam 10an sampe. Rapih - rapih dan abis itu main UNO sebelum tidur. Padahal Kiki besoknya masih ada UAS Agama Astaghfirullah malah kita jejelin UNO hahaha sekali lagi maap Ki. UNO tuh selalu jadi maenan wajib deh kalo ada acara - acara nginep gini. Dan walaupun udah ngerti banget permainannya dan udah sering main, tapi selalu saja ngakak kalo main hahaha :D Tidur sekitar jam 12an, dan siap - siap besok nya kita ke Ciwidey! Tunggu post selanjutnya perjalanan kita ke Ranca Upas - Situ Patenggang - dan Kawah Putih! Cihuy!