"Home"

Senin, Januari 09, 2012



"We just need to stay away for a moment to get back home." - Life Traveler, chapter #4 'Welcome Home' page 65

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa gue dapet kalimat tersebut dari buku yang lagi gue baca yaitu Life Traveler karangan Windy Ariestanty (review nanti kalo udah selese baca insya Allah huehehe). Sedangkan, Windy sendiri mendapatkan kalimat itu di sebuah toko kecil di Pigeon Forge, Tennese, AS yang khusus menjual beberapa plat dengan kutipan - kutipan yang menarik. Bagi gue, kalimat itu pas banget. Karena kita butuh pergi, sebelum akhirnya pulang dan menemukan rumah kembali. Kita perlu pergi sementara dari rumah dan ketika jauh, hal yang lo inginkan pertama kali adalah untuk selalu pulang. Because, we never know what 'comeback' is, if we haven't been anywhere.

Bagi Windy, hal ini terjadi ketika ia melakukan perjalanan jauh. Dikutip dari bukunya, Windy mengatakan bahwa rindu 'pulang' itulah yang mendorongnya untuk melakukan sebuah perjalanan. Sedangkan bagi gue, pertama kali gue merasakan yang namanya rindu 'pulang' adalah ketika gue ngekos kemaren. Sebenernya, gue juga sering kan pergi ke suatu tempat melakukan perjalanan dan bahkan nggak pulang, tapi anehnya hal itu nggak pernah bikin gue yang namanya kangen rumah. Tapi pas ngekos kemaren, gue rasanya menghargai banget yang namanya rumah. Gue selalu kangen pulang, yang sebenernya agak cengeng sih karena kan setiap weekend gue bisa pulang padahal.

Mungkin karena tinggal sendiri kali ya? Mungkin sebenernya bukan masalah jarak, tempat, dan waktu lama yang bikin kita kangen rumah. Tapi lebih ke orang - orang yang kita anggep sebagai 'rumah'. Yang membuat kita nyaman dan akhirnya ingin selalu kembali ke mereka. Karena tanpa mereka, rasanya seperti tinggal di tempat asing, sepi, dan sendirian, bahkan meskipun ketika tempat yang kita tinggali begitu bagus dan sempurna.
"Because, home is not where you live but where they understand you."
"Home is a place you grow up wanting to leave, and grow old wanting to get back to."
Semenjak itu, gue jadi lebih menghargai rumah. Hal itulah akhirnya yang membuat gue memutuskan untuk pp aja daripada ngekos. Sebenernya capek sih karena rumah gue lumayan agak jauh dari kampus yang setiap perjalanannya membutuhkan 1,5 jam, itu juga kalo lancar. Ini masih bingung juga semester dua mau lanjut pp aja atau ngekos, karena yaaa emang lumayan capek. Padahal ini belom sibuk - sibuk banget, gimana nanti pas sibuk? Cuma gue mikir aja sih, rasanya walaupun lo capek, tapi ketika sampe rumah langsung lega. Langsung ada yang perhatiin lo, ada yang nanyain "Udah makan, dek?". Beda kalo di kosan, seandainya udah pulang pun, yang ditemuin cuma sepi gitu cari makan juga sendiri hahaha. Ketika lagi stres karena tugas, di rumah ada yang bantuin yah walaupun ga bisa bantu banyak tapi ada yang bisa diajak cerita tentang keluh kesah.

Nah hal - hal kecil itulah yang bikin ingin selalu pulang. Apa - apa maunya pulang terus. Bahkan saat ini gue lagi jadi ansos banget, pokoknya kupu - kupu deh (kuliah-pulang-kuliah-pulang) saking pinginnya ada di rumah terus. Ngelakuin apa - apa di rumah. Gue yakin banget nih, seandainya gue ambil kos, nanti pun pasti bakal sering pulang beberapa kali seminggu hahahaha sayang banget kaaaan malahan. Hah semoga semester dua jadwalnya ga padet deh, jadi bisa ambil pp. Amiiiiin! Bagi yang belum pernah merasakan yang namanya 'ingin pulang' dalam arti yang sebenernya, coba deh sekali - kali melakukan perjalanan, ngerasain yang namanya jauh dari orang - orang yang kita sayang. Pasti selalu ada rasa ingin 'kembali' deh. Atau boleh juga dicoba dengan ngekos! Hahahaha.

"Home is where the heart is."
Sampaikan salam gue untuk 'rumah' kalian, ya! :)

You Might Also Like

3 comments

  1. Ih sama banget git! Gue juga pernah ngepost ttg ginian pas jaman2 semester 1 apa 2 gitu. Homesick padahal lewat tol juga cuma 1 jam paling hahaha.

    BalasHapus
  2. @ Kak Yulita: Iya banget kak hahaha apalagi kalo ada apa2 trus sendirian ingetnya rumah teruuuus hehe

    @ James : Makasih Jamessss :)

    BalasHapus