Wawancara with Kak Mimoy

Sabtu, Desember 31, 2011

Masih dalam rangka prasar (ospek jurusan gue), waktu itu tugas yang diberikan adalah mewawancarai senior. Yang dimaksud senior disini adalah alumni - alumni Ilmu Komunikasi UI yang udah lulus bahkan sudah bekerja. Pembagian wawancara ini disesuaikan dengan minat prodi kita nantinya. Karena gue (insya Allah) akan memilih jurnalisme sebagai konsentrasi gue selanjutnya, gue mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai Kak Mimoy, alumni Kom 2004 dan dulunya pun memilih jurnal sebagai prodinya. Gue dapet kelompok wawancara sama Mili dan Wicak. Cuma pas hari H, ternyata si Wicak meriang dan gabisa ikut wawancara Kak Mimoy.

Janjian sama Kak Mimoy di Epicentrum Rasuna jam 4 sore. Gue sama Mili dateng duluan, sempet muter - muter bentar sambil liat acara #BestOfUK yang kebetulan lagi dilangsungkan disana. Abis itu kita nunggu Kak Mimoy di Comic Cafe. Nggak berapa lama kemudian Kak Mimoy dateng, dan dimulailah wawancara. Awal - awal agak canggung sih. Dan abis itu mulailah muncul - muncul pertanyaan dari kita dan Kak Mimoy dengan senang hati menjawabnya.

Kak Mimoy sekarang bekerja sebagai Digital Specialist di sebuah perusahaan. Jadi kerjanya itu mirip - mirip marketing dan iklan sih. Kak Mimoy bikin sebuah iklan di web dan gimana caranya dia membuat orang tertarik dengan brand yang dia promosikan tersebut. Kak Mimoy kan jurnal, kok kerjanya malah hampir mirip ke bidang iklan? Nah, itulah yang jadi pertanyaan gue. Sebenernya agak kecewa sih hehe tadinya di otak gue kan udah tersedia beribu - ribu pertanyaan bagaimana lingkup kerja jurnalisme nantinya. Alasan Kak Mimoy kenapa nggak memilih jurnalis sebagai pilihan karirnya adalah karena Kak Mimoy bukan tipe orang lapangan dan walaupun suka nulis, tapi nggak suka diatur. Iya jadi maksudnya, kalo kita jadi jurnalis kan kita diatur tergantung kita harus meliput di rubrik bagian apa, nah Kak Mimoy nggak suka itu. Dia maunya nulis, tapi emang sesuai interest dia. Yah tapi kan kalo di dunia kerja gitu mana bisa milih - milih seenak jidat kita mau liput apa haha. Alasan keduanya adalah adanya kekhawatiran dari keluarganya, iyalah jurnalis gitu kan gajelas hari ini kita akan disuruh ngeliput apa, sukur - sukur dapet liputan yang enak, kalo misalkan ke daerah bencana atau daerah perang? Jelas aja keluarga khawatir dan setengah hati kasih izin, apalagi kan cewek gitu ya makin - makin deh kekhawatirannya.

Tapi Kak Mimoy juga sempet nyeritain beberapa pengalaman dia sedikt waktu masih berkuliah di UI dan pengalaman kecilnya sebentar waktu magang. Yang namanya kuliah di jurusan jurnalisme, mau gak mau tugas - tugas yang harus dikumpulin udah pasti ga jauh - jauh dari ngeliput berita. Kak Mimoy cerita dulu sering ngeliput kegiatan - kegiatan kampus buat jadi bahan tugasnya. Kalo sekarang sih, mungkin tugas liputan untuk mahasiswa jurnalisme di UI lebih luas lagi. Bahkan kata senior gue yang lain, nanti ada sebuah tugas yang tulisan kita harus masuk surat kabar baru bisa lulus hmmmm. Kak Mimoy juga sempet cerita pengalaman magangnya waktu jadi jurnalis kuliner. Kak Mimoy cerita gimana enaknya tiap hari makan gratis hahaha asik banget.

Selain itu, Kak Mimoy juga ngasih tips - tips menulis yang baik. Trus Kak Mimoy bilang, kalo bisa udah mulai dibiasain dari sekarang, jadi semakin hari semakin lancar dan nulis jadi kaya ngalir aja. Yaudah gue ceritain aja kan tentang gue yang udah berusaha mulai nulis lewat blog, tapi gue bilang kalo tulisan gue di blog masih ngaco abis dan ga ada unsur - unsur jurnalismenya sama sekali zz. Tapi kata Kak Mimoy gapapa, dengan biasa nulis di blog, kita jadi biasa menulis dengan sistematis dan berurut walaupun tulisannya masih banyak acak - acakannya haha. Pokoknya menyenangkan banget waktu wawancara kemaren, karena dapet info baru dan semakin yakin untuk ngambil jurnalisme.



Terimakasih, Kak Mimoy! Sukses terus kak! :)

You Might Also Like

2 comments

  1. maaf kak saya mau nanya, info tentang jurnalisme UI dimana ya? saya nyari di webnya tapi ga lengkap.

    saya sekarang kelas 11 SMA,lagi milih-milih mau kuliah dimana hehe

    makasih banyak kak

    BalasHapus
  2. Halo, iya kalo di webnya emang kurang lengkap ya? Kalo aku sih dulu cari2 di google gitu, trus ketemu blog org2 trus baca2 deh hehehe

    BalasHapus